Soyen Shaku


Sang Guru Soyen Shaku wafat pada usia enam puluh satu tahun, tetapi tidak sebelum ia menyelesaikan tugas yang  diserahkan kepadanya - ia mewariskan pengajaran yang lebih beragam dan tinggi daripada sebagian terbesar guru-guru Zen. Diceritakan bahwa murid-muridnya kadang-kadang tidur sesudah makan siang karena merasa lesu selama musim panas. Meskipun ia sendiri tidak pernah membuang waktu barang satu menit pun, Soyen tidak pernah mengatakan sepatah katapun mengenai kelemahan murid-muridnya ini.

Pada usia dua belas tahun Soyen sudah mempelajari ajaran-ajaran filsafat sekolah Tendai. Pada suatu hari di musim  panas,  suhu  begitu  tinggi dan  udara  melelahkan, sehingga Soyen yang masih kecil, karena melihat bahwa gurunya sedang  pergi,  tidak dapat menahan kantuknya dan tertidur.
Ia baru bangun karena terkejut, ketika ia mendengar gurunya masuk. Namun terlambat, Ia terbaring di  lantai, badannya membujur di depan pintu.

"Maafkan aku, maafkan aku," bisik gurunya yang dengan sangat hormat melompati tubuh Soyen yang terbujur itu, seolah-olah tubuh seorang tamu yang sangat terhormat. Sesudah itu Soyen tidak pernah tidur lagi pada siang hari.

Doa Sang Katak 2, Anthony De Mello

No comments: